Minggu, 13 September 2009

Terlilit Hutang ? Obesitas Di Depan Mata

Orang yang hidupnya terlilit hutang besar cenderung mengalami obesitas, setidaknya ini yang disebutkan oleh sejumlah peneliti di Jerman. Hasil riset menemukan, mereka yang mustahil melunasi hutang-hutangnya pada batas waktu tertentu atau yang disebut sebagai "Overindebted", dua kali berisiko mengalami kelebihan berat badan dan lebih dari 2.5 kali berisiko mengalami obesitas.

Untuk meneliti bagaimana hutang dapat mempengaruhi kesehatan, Eva Muenster dari University of Mainz beserta rekannya, melakukan survey terhadap 949 responden yang sedang melakukan konseling untuk mengatasi hutang yang melilitnya. Mereka kemudian membandingkannya dengan 8,318 responden lainnya yang tidak terlibat hutang.

Dari hasil survey diketahui, sekitar 11 persen responden yang memiliki banyak hutang mengalami obesitas berbanding 25 persen dari kelompok responden yang tidak punya hutang. Mereka yang hidupnya terlilit hutang besar ternyata berasal dari kalangan usia muda, kurang terpelajar dan kurang mampu. Selain mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, mereka juga diketahui mengalami depresi dan memiliki gaya hidup tidak sehat seperti merokok setiap hari.

Menurut para peneliti, faktor psikologis memberikan kontribusi besar terhadap risiko kelebihan berat badan atau obesitas diantara orang-orang yang terlibat hutang. Umumnya, untuk mengatasi stres dan depresinya tersebut, mereka cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan. Jenis makanan yang dipilihnya pun bukan jenis makanan sehat. Hal ini terjadi karena mereka tidak lagi mampu membeli jenis makanan sehat, dan lebih memilih makanan murah yang kaya lemak dan gula hingga akhirnya mengalami kelebihan berat badan.

Tim peneliti mengatakan bahwa, penemuan ini tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas cenderung memiliki banyak hutang karena mereka sulit mendapatkan suatu pekerjaan atau menghasilkan uang lebih dibandingkan dengan orang-orang kurus. [cntq/ais]
- 2 September 2009

Sumber :
http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/healthy-life/27329-terlilit-hutang-obesitas-di-depan-mata.html
14 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar